Kapolres TTU Sambut Kepala BNN RI di PLBN Napan

Kapolres TTU Sambut Kepala BNN RI di PLBN Napan

Tribratanewsttu.com - Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H.,S.I.K., M.H ikut menyambut Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Komjen Pol. Martinus Hukom, S.I.K., M.Si., bersama istri, Ny. Rita Emawati Hukom saat melakukan kegiatan kunjungan kerja (Kunker) ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Napan, Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten TTU, Senin (29/4/2024). 

Kegiatan tersebut juga merupakan salah satu bentuk wujud penguatan peran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) dalam upaya pengawasan perdagangan narkoba dan kejahatan transnasional di kawasan perbatasan RI-RDTL, Napan. 

Kedatangan rombongan dalam kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 10.44 wita hingga pukul 13.10 wita tersebut disambut oleh Plt. Administrator PLBN Napan, Maria Fatima Rika, S.Stp dan dihadiri ±50 orang. 

Pukul 10.50 Wita, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komjen Pol. Martinus Hukom, S.I.K., M.Si., beserta rombongan melaksanakan peninjauan dan pengecekan lokasi inti PLBN Napan di lanjutkan dengan makan siang.

Pukul 11.50 Wita, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komjen Pol. Martinus Hukom, S.I.K., M.Si., beserta rombongan melaksanakan kegiatan Sosialissasi Penguatan Aparatur Forkopimcam Dan Aparatur Desa Di Kawasan Perbatasan Dalam Bidang Pengawasan Perdagangan Narkoba Dan Kejahatan Transnasional di ruang rapat PLBN Napan.

Dalam sambutannya Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komjen Pol. Martinus Hukom, S.I.K., M.Si. menyampaikan bahwa kerja sama dalam hal pemberantasan dan pencegahan narkotika di wilayah perbatasan Indonesia dan Timor Leste merupakan hal yang sangat penting dalam upaya melawan peredaran narkotika. Kedua negara ini memiliki wilayah perbatasan yang rentan menjadi jalur masuk bagi peredaran narkotika, sehingga kerjasama lintas negara sangat diperlukan untuk mengatasi masalah ini. 

Beberapa bentuk kerja sama yang dapat dilakukan antara indonesia dan timor leste dalam pemberantasan dan pencegahan narkotika di wilayah perbatasan antara lain:

a.Peningkatan pengawasan bersama: kedua negara dapat meningkatkan pengawasan bersama di wilayah perbatasan untuk mencegah masuknya narkotika. Hal ini meliputi patroli bersama, razia, dan pertukaran informasi mengenai aktivitas sindikat narkotika.

b.Kerjasama intelijen: pertukaran informasi intelijen antara indonesia dan timor leste dapat membantu dalam pelacakan dan penindakan sindikat narkotika yang beroperasi di wilayah perbatasan. Kerjasama ini memungkinkan deteksi dini dan tindakan preventif yang efektif.

c.Penguatan pos lintas batas: membangun dan memperkuat pos lintas batas negara di wilayah perbatasan untuk meningkatkan pengawasan dan penegakan hukum terhadap peredaran narkotika. Pos lintas batas yang efektif dapat menjadi garda terdepan dalam mencegah masuknya narkotika ke dalam wilayah negara.

d.Sosialisasi dan edukasi masyarakat: melakukan kampanye sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat di wilayah perbatasan mengenai bahaya narkotika, tanda-tanda penyalahgunaan, dan upaya pencegahan yang dapat dilakukan. Edukasi kepada masyarakat sangat penting untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi dalam pemberantasan narkotika.

e.Penyuluhan dan rehabilitasi: memberikan layanan penyuluhan dan rehabilitasi bagi korban penyalahgunaan narkotika di wilayah perbatasan. Dukungan bagi mereka yang terkena dampak negatif narkotika merupakan bagian penting dalam upaya pencegahan dan pemulihan.

6.Pukul 12.58 Wita, Penyerahan plakat dari kepala  BNN RI kepada Plt. Deputi bidang pengelolaan Infrastruktur kawasan perbatasan, BNPP  Dra. Farida kurnia Ningrum dilanjutkan penyerahan plakat oleh ibu Plt. Deputi bidang pengelolaan Deputi bidang pengelolaan Infrastruktur kawasan perbatasan, BNPP  kepada Kepala BNN RI.

7.Pukul 13.10 Wita, seluruh rangkaian kegiatan Kunjungan Kerja Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komjen Pol. Martinus Hukom, S.I.K., M.Si.,Di PLBN Napan selesai dalam keadaan aman lancar dan tertib selanjutnya Rombongan berangkat menuju ke Kabupaten Belu menggunakan jalur darat.

Sebagai catatan, kedatangan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komjen Pol. Martinus Hukom, S.I.K., M.Si., beserta rombongan Di PLBN Napan adalah dalam rangka kunjungan kerja menghadiri kegiatan penguatan peran  Forkopimcam dalam pengawasan perdagangan Narkoba dan kejahatan transnasional di kawasan perbatasan Napan.

-Bahwa Kendala dan Kondisi dalam Operasional Pengelolaan PLDN Napan  yang dihadapi adalah sbb:

a.Pihak Timor Leste belum membuka pintu perlintasan orang dan barang melalui Pos Oesilo Timor Leste.

b.Bangunan Pos Imigrasi yang sebelumnya digunakan Satgas Pamtas TNI Pos Napan saat ini sudah kosong dan menungsu pihak kontraktor pelaksana untuk pembangkaran.

c.Perlunya penyelesaian status asset milik: TNI dan Polri agar dapat dianggarkan operasional dan maintenance.

d.Fasilitas HellyPed terlalu dekat dengan bangunan Pos TNI dan rencana akan dipindahkan ke lahan yang lebih luas sehingga aman untuk melaksanakan pendaratan Hellykopter.

e.Diharapkan kepada Stakeholder yang ada di perbatasan agar bekerjasama dalam  mengatasi peredaran Narkoba di wilayah perbatasan PLBN Napan.

Nama-nama rombongan Kepala BNN RI, yakni, Penasehat Bidang Pemberantasan Komjen Pol (Purn) Drs. Gories Mere, Deputi Pemberantasan Irjen Pol I Wayan Sugiri, S.H., S.I.K., M.Si, Deputi Hukum dan Kerja sama Drs. Agus Irianto, S.H., M.Si.,M.H., Ph.D, Kepala BNN Prov. Sumatera Barat Brigjen Pol. Riki Yanuarfi, S.H., M.Si, Kepala BNN Prov. Maluku Brigjen Pol. Deni Dharmapala, S.H., S.I.K., M.H, Direktur Interdeksi Tery Zakiar Muslim, S.Sos., M.M.

Selain itu, hadir Direktur Intelijen Brigjen Pol. Alexander Sabar., S.I.K., M.H, Direktur Narkotika Brigjen Pol. Ruddi Setiawan., S.I.K., S.H., M.H, Kepala Biro Humas dan Protokol Brigjen Pol. Sulistyo Pudjo Hartono, S.I.K., M.Si, Kepala Administrasi Sarana dan Prasarana Dir. Penindakan dan Pengejaran Desy Paramitha, Tenaga Ahli Bid. Pemberantasan Rusli E. Bollo, Kabag Protokol dan Hubaga Natalya Dewi Dina Tonglo, S.H, Kasubag Protokol Bag. Protokol dan Hubaga Sigit Hariyanto, S.Kom., M.Si, Analis Rancangan Naskah Perjanjian Ahmad Fadhilah, S.Pd, Penerjemah Ahli Pertama Tizky Hidayat, S.Pd, Penyusun Bahan Informasi dan Publikasi Kukuh Ari Wibowo, A. MD, Kepala Administrasi Umum Bag. Protokol dan Hubaga Coco Albert, Adam Yourdan Agassy (PPNPN), Sharif Wihadma (PPNPN), Tatang Adhiwidarta (PPNPN), Bobby Sandi Yudha (ADC KA BNN RI), Plt Kepala BNN Provinsi NTT Kombes Pol Mohammad Nasrun. M., S.H., M.H, Kepala BNN Kota Kupang AKBP. Nelson Filipe Dias Quintas, S.I.K, Kepala BNNK Belu Muhammad Rizal, S.Sos, Forkopimcam Bikomi Utara TTU dan Linmas Kecamatan Bikomi Utara. 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat