Akselerasi Capaian Vaksinasi, Polres TTU Gandeng Unimor

Akselerasi Capaian Vaksinasi, Polres TTU Gandeng Unimor
Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik, M.H bersama Rektor Unimor Dr. Ir. Stefanus Sio, MP dan Kabag Ops Polres TTU AKP Wastoro saat memantau kegiatan Vaksinasi bagi mahasiswa dan para dosen di kampus Unimor, Kamis (31/3/2022). (Foto : AEP)

Tribratanewsttu.com- Dalam upaya akselerasi Vaksinasi, Polres Timor Tengah Utara (TTU) menggandeng pihak Universitas Timor (Unimor) untuk melakukan proses Vaksinasi bagi mahasiswa dan masyarakat umum di kampus setempat, Kamis (31/3/2022).

Kegiatan Vaksinasi yang dilaksanakan mulai pukul 10.00 wita tersebut yakni dosis I, II dan III. Kegiatan Vaksinasi dipantau langsung oleh Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik, M.H bersama Rektor Unimor Dr. Ir. Stefanus Sio, MP dan Kabag Ops Polres TTU AKP Wastoro. 

Sementara itu, bertindak sebagai tim Vaksinator yakni tim dari RS Umum Kefamenanu. Jenis Vaksin yang digunakan adalah ASTRAZENECA dan COVOVAX Dosis I, Dosis II  dan III dengan rincian jumlah Peserta Vaksin 201 orang. Jumlah Vial sebanyak 15 Vial. Penerima berdasarkan profesi Dosis I COVAVAX masyarakat Umum 16 Orang dan ansia 7 Orang.

Sementara penerima berdasarkan profesi Dosis II COVAVAX masyarakat Umum 58 Orang. Dan penerima berdasarkan profesi Dosis III AZTRAZENECA masyarakat Umum 20 orang, pelayanan publik 107 Orang. 

Alur pelaksanaan Vaksin dimuali dari meja satu melakukan pencatatan serta pendaftar (verifikasi data), meja dua melakukan Screening anamnesa dan edukasi Vaksin Covid-19, meja tiga melakukan pemberian Vaksin kepada  sasaran, meja empat melakukan evaluasi mempersilahkan sasaran untuk beristirahat 30 menit untuk mengantisipasi kejadian ikutan pasca imunisasi serta diberikan kartu vaksin dan edukasi pencegahan Covid-19.

Pukul 16.00 wita giat Vaksinasi di Universitas Timor ( Unimor ) telah selesai, berjalan aman dan lancar dan mendapatkan pengamanan tertutup dari Anggota sat Intelkam Polres TTU.

Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari menindaklanjuti perintah Kapolri demi mewujudkan Polri yang Presisi. Dalam pelaksanaan, tentu Polri tidak bisa berjalan sendiri. "Saya menggandeng Bapa rektor Unimor dan Alhamdulilah sambutannya positif,"

Unimor membantu Polres TTU dalam hal akselerasi Vaksinasi terlebih ada beberapa Vaksin yang segera Ekspire. "Nanti jauh-jauh hari Pak Rektor akan mendata mahasiswa yang belum melaksanakan Vaksin. Ada sekitar 10.500 (Mahasiswa). Mereka calon-calon pemimpin bangsa. Harus sehat. Mudah-mudahan bisa tercipta herd Immunity. 

"Harapan saya Kabupaten TTU bisa memenuhi target sehingga masyarakat Kabupaten TTU bisa terbebas dari Covid-19. Target kalau bisa 1.000 lebih dosis. Namun kami meminta bantuan pak Rektor untuk mendata dulu. Bisa Vaksin I, II maupun ke-III atau Booster," ujar Kapolres Mukhson.

Menanggapi hal tersebut, Rektor Unimor Dr. Ir. Stefanus Sio, MP, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kapolres TTU beserta jajaran sehingga bisa melaksanakan proses Vaksinasi di Kampus Universitas Timor. "Kami berterima kasih karena sesuai hasil pertemuan dengan pak Mentri bahwa setiap perguruan tinggi harus melakukan Vaksinasi," tegasnya. 

Salah seorang Dosen Unimor menyampaikan terima kasih kepada pihak Polres TTU yang telah melaksanakan Vaksinasi. Semoga ke depannya terus dilaksanakan setiap bulan atau beberapa bulan sekali sehingga setiap mahasiswa bisa mendapat pelayanan Vaksin Dosis I, II maupun ke-III. (*/TNC)

Gerakan Polres TTU Semangat Melayani